Wednesday, June 8, 2016

Tips Buat Mahasiswa Yang Tetap Kuliah di Bulan Ramadan


Tips buat mahasiswa di bulan ramadan

Memasuki bulan puasa para mahasiswa tahun ini tetap menjalani akitivitas kuliah seperti biasanya. Sangat berat untuk menjalani aktivitas kuliah di awal puasa. Hal ini dikarenakan ada sedikit perubahan jam bangun tidur khususnya untuk sahur. Setelah menjalankan ibadah sahur, dilanjutkan shalat subuh. Setelah itu jangan gunakan untuk tidur lagi, lebih baik lakukan kegiatan lain seperti olahraga ringan, mempersiapkan barang-barang yang di bawa ke kampus atau lainnya. Paling penting,  jangan sampai ibadah puasa justru membuat semangatmu untuk menuntut ilmu jadi menurun.

Berikut ini beberapa cara untuk menjaga semangat kuliah sambil berpuasa.

Jangan bergadang
Jika biasanya kamu menghabiskan malam dengan bergadang, maka selama Ramadan hindarilah aktivitas tidur terlampau larut. Jika tidak ada hal lain yang kamu kerjakan usai salat tarawih dan membaca Alquran, maka ada baiknya kamu segera tidur untuk mempersiapkan diri sahur keesokan pagi.

Sahur tepat waktu
Pasanglah alarm untuk mengatur waktu sahurmu. Jangan sampai telat bangun sahur sehingga kamu makan terburu-buru.

Konsumsi makanan sehat
Selama bulan puasa, biasakan mengonsumsi makanan sehat dan perbanyak minum air putih saat sahur dan berbuka. Dengan begitu, selama menjalani ibadah puasa, badanmu tetap bugar dan bisa tetap fit sampai waktu berbuka tiba.

Jangan terlampau lelah
Ketimbang beraktivitas tanpa tujuan atau berolahraga berlebihan, manfaatkan waktu untuk memperbanyak ibadah. Selain mendapatkan pahala, cara ini tidak membuatmu terlampau lelah. Jika badan terlalu letih, maka semangat pun menurun, termasuk untuk kuliah.

Janjian buka puasa dengan teman
Agar puasamu lebih asyik, buat janji dengan beberapa teman untuk berbuka puasa bersama. Kamu pun akan lebih semangat kuliah karena ada kegiatan asyik menanti di penghujung hari.

No comments:

Post a Comment