Saturday, June 18, 2016

6 Kesalahan yang Harus Di Hindari Mahasiswa Baru


mahasiswa baru

Melanjutkan studi ke jenjang S1 merupakan impian bagi sebagian besar murid SMA/SMK. Di terima di Universitas dan prodi impian apalagi super bahagia. Di terima melalui jalur SNMPTN, SBMPTN atau seleksi mandiri memang butuh perjuangan yang ekstra, karena untuk bisa duduk di salah satu perguruan tinggi idaman perlu pengorbananan yang besar, SNMPTN saja kita harus ekstra menjaga nilai kita mulai dari kelas X sampai kelas XII agar tetap konsisten, sehingga kemungkinan besar untuk diterima melalui jalur undangan ini cukup besar. 

Bagi yang tidak diterima di SNMPTN, mungkin ada diantara kalian yang mencoba jalur SBMPTN, jalur yang satu ini memang harus melalui tes, ada dua jenis pilihan yang harus kamu pilih saat memilih SBMPTN yakni bidang Saintek buat kamu yang saat SMA masuk jurusan IPA dan Soshum bagi kalian di jurusan IPS. Bobot soal untuk jalur ini juga bisa dibilang tidak mudah, mengingat ini tes skala nasional, oleh karena itu perlu latihan ekstra lebih untuk memahami soal-soal yang keluar. Kita dapat memperlajari soal-soalnya melalui internet atau kamu dapat membeli beberapa buku kumpulan soal SBMPTN yang sekarang banyak di jual di toko buku.

Setelah di terima menjadi mahasiswa baru, ini mungkin saatnya kamu untuk memulai hidup mandiri dan memulai terbiasa jauh dari keluarga. Apalagi bagi kamu yang berasal dari Provinsi yang berbeda tentu ini menjadi masalah berat. Namun, jika niat dan tujuan kita mencari ilmu dan menggapi mimpi tentu hal tersebut nantinya akan hilang dengan sendirinya. Berikut ini akan saya paparkan beberapa hal yang kamu hindari saat kamu pertama menjadi mahasiswa

1. Melakukan segala segala hal sendiri

Saat memiliki masalah dengan studi kamu, ada baiknya kamu tidak menyelesaikannya sendiri, tetapi kamu dapat menceritakan masalah tersebut dan mencari masukan pada teman dekatmu atau dosen di kampus kamu. Jangan takut untuk memberitahu masalah ke dosen  atau teman lain jika memang nantinya akan bermanfaat bagi kamu sendiri

2. Tidak Menghadiri kelas

Hanya menghadiri kuliah saat ada tes (ujian tengah semester atau UAS)  tentunya ini merupakan hal yang tidak baik. Meskipun jumlah porsi penilaian terbesar terletak pada nilai ujian, namun dengan hadirnya kita pada setiap mata kuliah membuat kita akan kaya ilmu. Apalagi nilai kehadiran akan menjadi salah satu syarat untuk mengikuti ujian, jika jumlah kehadiran kita kurang memenuhi  syarat maka secara otomatis kita di larang untuk mengikuti ujian.

3. Suka Menunda-nunda

Sebagai mahasiswa kita tentunya akan selalu mendapatkan tugas dari mata kuliah tertentu. jumah tugas kadang bersamaan dengan mata kuliah lain, tentunya ini akan menyita waktu lebih, rasa malas mungkin akan serta hadir, tingkat stress akan pula bertambah dan nafsu makan mungkin akan berkurang. Menunda-nunda mengerjakan tugas justru membuat kita semakin tidak produktif, hanya dipikirkan tanpa mulai untuk mulai mengerjakannya. Mengerjakan tugas beberapa hari sebelum dikumpulkan akan membuat hasil  dan isi tugas kita menjadi kurang maksimal. Ingat tugas juga menjadi salah satu penilaian, maka wajib kerjakan.

4. Jangan Berdiam Diri Di Asrama atau Kos

Masa awal sebagai mahasiswa merupakan saat yang tepat untuk mengeksplor kemampuan dan hobi kita. Membangun komunikasi dan bergabung dalam suatu organisasi dan menyatukan ide yang berbeda tentunya membuat hidupmu lebih hidup. Di Universitas telah banyak UKM yang dapat kamu pilih sesuai dengan passion kamu, yang terpenting jangan sampai kegiatan tersebut sampai menggangu kegiatan kuliah kamu dan berakibat pada turunnya nilai semester kamu. Mengikuti kegiatan kampus juga membuat wawasan kita menjadi lebih banyak, badan menjadi lebih fresh dan pertemanan menjadi tidak hanya satu fakultas saja. Bayangkan saja, jika kita hanya berdiam diri di kos dan bertemu dengan teman yang sama setiap harinya, tentu hal ini sangat membosankan dan membuat kita kurang update dengan acara-acara di kampus kita.

5. Jangan begadang 

Kurangi melakukan kegiataan sampai larut malam, badan dan pikiranmu juga membutuhkan waktu untuk istirahat yang cukup. Jangan sampai kamu paksakan begadang mengerjakan tugas dengan di temani minum kopi. Melakukan hal yang demikian, tentunya tidak baik untuk kesehatan. Kita dapat melanjutkan mengerjakan tugas tersebut setelah melaksanakan shalat subuh. Waktu setelah subuh merupakan waktu yang tepat untuk melanjutkan tugas, karena pikiran dan badan kita sudah terlebih dahulu di istirahatkan sehingga menjadi lebih fresh.

6. Mengambil  Banyak Kegiatan Di Luar Jam Kampus

Mengikuti segala kegiatan yang kamu minati mungkin akan semakin memperkaya pengalaman dan ilmu kamu, namun jika kamu mengambil terlalu banyak kegiatan di kampus tanpa mempertimbangkan nilai kuliah kamu, ini tentunya sangat berbahaya. Ambilah satu atau dua saja kegiatan yang kamu cintai sehingga kamu dapat membagi waktu yang seimbang dengan antara kegiatan di luar jam kuliah dan saat kuliah. 

No comments:

Post a Comment