Thursday, June 16, 2016

5 Tips Sukses Hadapi Interview Beasiswa

interview beasiswa

Bagi para pemburu beasiswa untuk mendapatkan sebuah beasiswa impian tentunya melalui proses yang tidak mudah. Ada berbagai macam tahapan yang harus dilalui, mulai dari tahap pemberkasan, interview dan penerimaan. Tahap pemberkasan merupakan tahap yang tidak terlalu rumit, meskipun begitu kita harus menyiapkan waktu jauh-jauh hari untuk mengurus segala keperluan untuk mendaftar beasiswa kuliah. Kita tidak tahu jika nantinya ada beberapa berkas yang harus memerlukan waktu hitungan hari. Tentu mempersiapkan berkas sedini mungkin membuat kita menjadi lebih tenang. Pemberkasan ini biasanya berupa essai, indeks prestasi yang mumpuni , surat rekomendasi dan menunjukkan skor kemampuan bahasa asing boleh dengan IELTS atau TOEFL sesuaikan dengan kampus yang akan kalian tuju. 

Setelah mempersiapkan pemberkasan, ada baiknya untuk mengirim apply beasiswa tersebut tidak sampai melewati batas waktu yang sudah di tentukan. Jika berkas dan persyaratan yang kalian sudah penuhi, maka ada kemungkinan besar kamu bisa melewati tahapan selanjutnya yakni tahap interview. Tahap interview ini merupakan tahap yang sangat penting, banyak calon penerima beasiswa yang gagal pada tahap ini. Pada tahap ini merupakan waktu yang tepat bagi pemberi beasiswa untuk menggali informasi, menguji pengetahuan, berpikiran kritis dan tanggung jawab terhadap apa tulisan yang kita tulis.Untuk kamu yang belum pernahh mengikuti seleksi beasiswa ada baiknya kamu mengetahui tips untuk menghadapi tahap interview

1. Persiapan

Anda mau menghadapi interview untuk sebuah perusahaan? Tentunya sebelum mengikuti interview tersebut kita harus mencari terlebih dahulu mengenai informasi dan latar belakang perusahaan yang akan kita lamar. Hal ini juga berlaku juga untuk para calon penerima beasiswa, kita harus jeli tentang apa yang kita tulis pada essai atau resume yang telah kita buat. Meskipun sederhana, hal ini perlu menjadi perhatian, agar nantinya kamu siap untuk menjawab. Untuk terlihat lebih profesional kamu dapat menyantumkan akun LinkedIn kamu pada saat apply beasiswa. Melalui LinkedIn ini pemberi beasiswa akan melihat secara jelas informasi pribadi kamu secara lengkap. Perhatian, profile LinkedIn juga harus di update setiap saat sesuai dengan kondisimu saat ini. Paling  penting pelajari terus beberapa pertanyaan yang biasanya ditanyakan saat interview nanti. Berikut ini beberapa pertanyaan yang biasanya di tanyakan pada calon penerima beasiswa 

Ceritakan tentang pribadimu
Apa yang menjadi kelemahan terbesar dalam hidupmu?
Berikan sebuah contoh waktu kamu mengatasi sebuah perbedaaan?
Apa rencanamu lima sampai 5 tahun mendatang?
Sebutkan tiga kata yang dapat mendeskripsikan dirimu
Mengapa anda pantas mendapatkan beasiswa tersebut?

Di atas merupakan beberapa contoh pertanyaan yang biasanya ditanyakan, untuk menjawab pertanyaan tersebut kita  harus menjawabnya secara santai, tidak perlu tergesa-gesa, tidak perlu berlebihan dan paling penting kalian harus menjawabnya secara jujur. Tidak perlu mengarang jawaban, karena pemberi beasiswa akan lebih tahu apakah kalian menjawab dengan jujur atau tidak, pemberi beasiswa akan semakin tertantang jika kamu memberikan respon yang hampir berbeda dengan apa yang kamu tulis sebelumnya.

2. Berpakaian yang Rapi dan Mengesankan

                                   Berpakaian Rapi dan Menarik
Meskipun sehari-hari kita menggunakan kaos dan celana/ celana jeans, bukan berarti saat menghadiri interview kita memakai dress code serupa. Melakukan hal yang demikian sama halnya kita bunuh diri dan merelakan kesempatan emas di depan mata hilang begitu saja. Usahakan pakailah pakaian yang rapi dan pilihlah warna yang terang dan cerah sehingga penampilan kamu lebih terlihat segar saat interview nanti, meskipun ada beberapa juga yang sudah menentukan pakaian apa yang harus dipakai saat interview nanti. Maka perhatikan secara seksama isi pengumuman yang kamu terima, jangan sampai kamu tiba di tempat interview dengan penampilan berbeda sendiri. Jangan lupa untuk memakai sepatu yang sesuai dengan pakaian yang kamu pakai. Bawa juga beberapa permen mint agar nafasmu tetap terjaga saat interview nanti.

3. Be On Time

                                                Be On Time
Sebelum kamu menghadiri interview beasiswa , pastikan kamu untuk hadir beberapa menit sebelum interview di mulai.  Apalagi bagi kamu yang belum pernah menghadiri tempat interview sebelumnya, maka akan lebih baik kamu harus berangkat lebih pagi dan memperkirakan jarak antara rumah kamu dan gedung interview yang kamu tuju, hal ini untuk menghindari beberapa kejadian yang tidak di iinginkan seperti ban bocor, macet dan lainnya. Alangkah baiknya, jika kamu mempunyai smartphone kamu dapat menambahkan alamat tujuan interview pada aplikasi peta di smartphonemu bisa HERE Maps atau Google Maps, sehingga saat jalan kita dapat mengikuti rute perjalanan yang telah kita buat baik secara online maupun offline. Datang tepat waktu juga membuat persiapan kita menjadi lebih matang dan perasaan menjadi tenang.

4. Berpikir sebelum Kamu Berkata

Interview merupakan suatu cara untuk mengetahui informasi, pengetahuan dan sikap kritis seorang penerima beasiswa. Meskipun terlihat mudah hanya menjawab sebuah pertanyaan, namun nyatanya hal tersebut kadang menjadi boomerang tersendiri bagi kita. Menjawab sebuah pertanyaan kadang perlu pemikiran terlebih dahulu, meskipun tidak membutuhkan yang terlalu lama, kadang otak kita memerlukan beberapa detik untuk memikirkan beberapa kata kunci untuk jawaban yang kita buat. Jawablah pertanyaan secara jelas dan jujur, berikan pernyataan yang tidak jauh topik pertanyaan yang diajukan. 

5. Jadi Diri Sendiri
                                              be your self

Saat memasuki interview berikanlah pengenalan yang berkesan, berikanlah senyuman dan ucapkan salam. Kebanyakan sang interview akan menyembunyikan perasaan yang sebenarnya dengan wajah yang tenang, namun ada pula yang apa adanya tanpa menutupi apapun. Jangan biarkan kita terpengaruh dengan kondisi tersebut, tetaplah fokus terhadap setiap pertanyaan yang diberikan. Berikan keyakinan dan alasan yang tepat sehingga kamu berhak mendapatkan beasiswa tersebut. So enjoy the moment.

No comments:

Post a Comment