Saturday, June 11, 2016

Ini Alasan Kenapa Kamu Harus Lanjut Kuliah S2


Alasan Kamu Harus Lanjut S2

Melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi merupakan sebuah impian bagi setiap orang. Setelah menyelesaikan kuliah dan menyandang status sarjaana. Bagi seseorang setelah mencapai gelar S1 ada yang lebih memilih untuk langsung mencari kerja dan adapula yang lebih berkeinginan untuk melanjutkan studi S2 untuk mendapatkan gelar master.

Untuk melanjutkan kuliah S2 tentu dengan biaya yang tidak sedikit, perlu perhitungan matang-matang sebelum kita akan mengambil studi S2. Namun, sekarang telah banyak institusi yang memberikan beasiswa penuh bagi kalian yang ingin melanjutkan studi S2 kalian, karena semua biaya hidup dan asuransi telah terpenuhi.

Keinginan yang ingin melanjutkan studi mereka ke jenjang ke yang lebih tinggi rata-rata bukan karena gelarnya saja, tetapi mereka melanjutkan S2 biasanya untuk lebih memperdalam mata kuliah tertentu yang pernah kita terima saat menjalani S1. Meskipun kadang ada pula lulusan S1 yang saat S2 mengambil jurusan yang sangat berbeda. Hal ini terjadi karena mereka ingin merasakan adanya pengalaman baru, tantangan atau jurusan yang mereka pilih merupakan passion mereka yang tertunda saat mereka studi S1.
Lalu apa sih sebenarnya manfaat yang kita dapat dengan kita melanjutkan studi S2 ini. Berikut ini beberapa pemaparan mengenai manfaat yang kita terima saat mendapatkan gelar master nanti.

1. Menjadi Lebih Unggul. Setiap tahunnya jumlah lulusan S1 di Indonesia tentunya tidak sedikit, lahan pekerjaan yang diburu juga tidaklah sebanyak dengan jumlah lulusan, sehingga untuk memasuki dunia pekerjaan diperlukan kemampuan lebih lainnya. Jika seorang lulusan S1 hanya mengandalkan ijazah tentunya hal ini tentunya akan mengkhhwatirkan, sebab di pasar kerja para lembaga, perusahaan akan mencari calon pekerja yang tidak hanya cerdas secara akademik, tapi ada pertimbangan lainnya yang dirumuskan. Misalnya ketrampilan tertentu yang menunjang profesinya nanti, softskill juga terkadang menjadi pertimbangan serius bagi perusahaan atau lembaga yang akan menerima pekerja baru. 

Dengan kita mengambil kuliah S2 kita tentu akan mendapatkan lebih pengalaman, karena saat kita menjalani kuliah S1 kita hanya terfokus pada dunia teori dibandingkan praktik langsung. Kuliah S2 inilah waktunya bagi kalian untuk menelusuri minat dan impian kalian yang sesungguhnya, kita akan lebih mendalami suatu jurusan secara spesifik dan dapat menggunakan teori yang kita dapat di dunia nyata. 

Mengambil kuliah S2 juga dapat dilakukan sambil melakukan pekerjaan lainnya karena biasanya pertemuan kuliah tidak di lakukan selama satu minggu full hanya hari- hari tertentu dan biasanya kelas akan dimulai pada sore hari, sehigga pekerjaan kita pada pagi hari menjadi tidak terganggu. Meskipun ada beberapa universitas yang menjalankan kuliahnya pada pagi hari, tentu tinggal kita harus jeli memilih universitas sesuai dengan kondisi kita sendiri.Menjalankan dua kegiatan secara bersamaan kita menjadi lebih terbiasa saat bekerja nanti.

2. Posisi Kerja dan Gaji yang Tinggi. Lulusan master akan mendapatkan porsi yang lebih tinggi dibandingkan sarjana, baik dari sisi jabatan maupun gaji.Penelitian menunjukkan bahwa profesional dengan lulusan master rata-rata melakukan pekerjaan lebih baik di bandingkan sarjana. Hal inilah yang menjadi alasan pemberi kerja lebih mengutamakan lulusan S2. 

3.Lebih Riil dan Menambah Koneksi. Perbedaan yang sangat menyolok antara perkuliahan saat sarjana dan S2 yakni kuliah master lebih banyak menghabiskan waktunya di lapangan dibandingkan di dalam kelas. Baik untuk kegiatan magang atau penelitian perkuliahan lebih banyak berlangsung di lapangan. Hal inilah yang menjadi kesempatan bagi kalian untuk menerapkan ilmu yang diperoleh selama kuliah di dunia riil, tidak hanya itu saja kuliah S2 juga merupakan kesempatan untuk mengenal dan membangun koneksi dengan rekan lainnya, yang nantinya ini akan menjadi nilai tambah saat selesai kuliah S2 nanti.

4 Memiliki Keahlian Praktikal. Lulusan master lebih menarik bagi pemberi kerja karena mereka memiliki keahlian yang dapat digunakan untuk mempengaruhi, problem solving, analisis data, penelitan dan pemaparan hasil. apalagi jika hasil riset tersebut berhasil diterbitkan maka ini memperlihatkan bahwa kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan akan semakin mudah yakni kurang dari 6 bulan setelah selesai S2 

Bagiamana tertarik untuk melanjutkan studi S2, sekarang tak perlu memikirkan kondisi keuangan, soalnya sekarang telah banyak tersedia beasiswa S2 baik yang di dalam negeri maupun luar negeri. Biaya hidup, akomodasi, asuransikesehatan dan lainnya akan di tanggung penuh oleh si pemberi beasiswa. Meskipun untuk mendapatkan beasiswa ini tidaklah mudah, perlu perjuangan dan tantangan. 

Jaga terus nilai akademik kamu selama kuliah, karena salah satu persyaratan untuk mendapatkan beasiswa yakni IPK untuk PTN yakni 3,25 sedangkan untuk PTS 3.50. Kalau bisa pertahankan, jangan sampai turun dan teruslah asah kemampuan bahasa asing kamu (bahasa Inggris), ini sangatlah mutlak karena ini menjadi salah satu syarat untuk mendapatkan beasiswa yakni harus menunjukkan nilai kemampuan bahasa asing yang dapat di buktikan melalui sertifikat seperti tes TOEFL atau IELTS.

No comments:

Post a Comment